Desa Cintaratu

Kecamatan Parigi - Kabupaten Pangandaran

UMKM Desa Cintaratu

UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil Menengah atau adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang. Produk UMKM yang sudah berjalan di Desa Cintaratu yaitu Jahe Merah diproduksi oleh ..... berlokasi di Dusun Cintasari, Jus Honje Laka yang berlokasi di dusun Panglanjan dikelola oleh Astri Rosalina , dan Kripik yang berlokasi di dusun Panglanjan yang di kelola oleh Yaya Sutiswa.

Untuk produksi Jahe Merah sekarang  pesanan sudah mulai membludak akan tetapi yang menjadi permasalahan yaitu di bahan baku yang sulit dicari kemudian di bidang peralatan yang masih manual, sementara untuk per izinan dan sertifiksi halal produk ini masih dalam proses. Mungkin nanti juga akan menambah tenaga kerja untuk UMKM Jahe ini jika dibutuhkan  dan juga pasti akan membutuhkan pelatihan dan di bina dari Desa ataupun dari Kabupaten dengan tujuan untuk pematangan produk tertentu tentang pengolahan, packing ataupun branding. Untuk jenis keripik ini sendiri ada 2 jenis yaitu keripik pisang dan juga keripik talas.

 

Menurut Konda selaku Sekretaris Desa Cintaratu "Hampir semua produk UMKM pemasarannya ke luar kabupaten,  bahkan untuk produksi Jahe  Merah pembelinya kebanyakan dari luar Kabupaten Pangandaran seperti dari Bandung dan Jakarta, hampir setiap minggu selalu ada pesanan, bahkan sampai ke luar Jawa seperti ke Batam dan Sumatera" Ungkapnya.

 

Lambang_kabupaten_pangandaran_transparent
Desa Cintaratu
Kecamatan Parigi - Kabupaten Pangandaran Jawa Barat 46393
Peta
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram